Pages

6 Alasan Mengapa Harus Berolahraga


American College of Sports Medicine mengumumkan, hanya 70 persen orang yang mampu mempertahankan niatnya untuk rajin berolahraga. Sisanya tidak berhasil mempertahankan niat, karena berpikir melakukan olahraga hanya untuk mengecilkan lingkar pinggang.
Sebenarnya rajin berolahraga tidak hanya untuk memiliki tubuh yang proporsional. Sebab olahraga juga membantu kita menekan risiko kanker dan terus awet muda. Dan 6 alasan berikut dapat semakin mengajak Anda untuk rajin berolahraga.

  1. Meningkatkan kemampuan bahasa. Ini mungkin tidak pernah Anda bayangkan, karena hanya dengan rutin melakukan treadmill dapat menajamkan otak Anda. University of Muenster di Jerman, bahkan menemukan fakta, mereka yang berlari sprint  di treadmill 2-3 menit dengan 2 menit istirahat, mampu mempelajari kata-kata baru 20% lebih cepat. Olahraga membuat otak mendapatkan oksigen yang maksimal karena saluran pembuluh darah mengantarkannya dengan lancar. Ini kemudian mengaktifkan wilayah otak yang mengendalikan memori, perencanaan, dan multitasking.
  2. Menghilangkan semua nyeri. Mungkin terdengar aneh, tapi ternyata istirahat tidak sepenuhnya menghilangkan rasa nyeri dan ketegangan otot di pundak, punggung atau leher. Orang dewasa yang rutin melakukan aerobik, 25% lebih jarang mengalami ketegangan otot, ucap peneliti senior Standford Bonnie Bruce, DrPH, MPH,RD.  Olahraga mengeluarkan endorfin yang merupakan zat alami dalam tubuh untuk menghilangkan rasa nyeri.
  3. Lebih ceria di kantor. University of Bristol di Inggris menemukan, mereka yang aktif berolahraga lebih dapat berpikir kritis, menyelesaikan pekerjaan kantor lebih cepat, dan berinterkasi aktif dengan rekan-rekan kerjanya. Ini artinya, Anda tidak hanya akan dirindukan oleh teman-teman kantor tapi juga bos Anda.
  4. Merasa lebih seksi. Pennsylvania State University mengumumkan, 42 dari 58 perempuan yang aktif berolahraga selama 4 bulan, merasa lebih percaya diri walau sebenarnya mereka tidak secara drastis mengalami penurunan berat badan. Yang lebih unik adalah apa yang ditemukan University of Washington. Hanya dengan melakukan 20 menit bersepeda, hampir 169 persen perempuan merasa lebih bergairah secara seksual.
  5. Mengurangi waktu berkunjung ke dokter gigi. Mohammad Al-Zahrani, DDS, PhD, profesor dari Case Western Reserve University menemukan, orang dewasa yang melakukan 30 menit olahraga ringan dengan intensitas 5 kali dalam seminggu, dapat menekan risiko terjadinya periodontitis atau radang gusi hingga 42%. Olahraga ternyata mengaktifkan protein yang berfungsi sebagai anti peradangan di dalam darah.
  6. Menyelamatkan diri dari flu musiman. Belakangan flu bukan hanya sekedar penyakit ringan musiman, tapi juga mulai ditakuti karena berisiko kematian. Virus flu memang salah satu jenis virus yang pintar, karena kemampuan mutasinya yang tinggi. University of Washington mengamati perempuan berusia 50-75 yang rajin melakukan cardio selama 45 menit. Dengan intensitas 5 kali dalam seminggu, para responden dapat membebaskan diri dari serangan flu musiman dibanding yang hanya melakukan sekali dalam seminggu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered By Blogger
© Grunge Theme Copyright by Blog Sports !! | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks